10 Persiapan Kemenag Untuk Kenyamanan Haji Musim 2019

Bulan Ramadhan telah berlalu, agenda akbar berikutnya adalah Idul Adha yang bertepatan dengan musim haji. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kementerian Agama RI untuk mempersiapkan keberangkatan jamaah haji pada tahun 2019. Persiapan ini dimaksudkan agar para jamaah haji Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang, aman dan nyaman.

Apa saja persiapan yang telah dilakukan oleh Kementerian Agama selaku penyelenggara resmi haji dari Indonesia? Berikut adalah persiapan-persiapan yang telah dilaksanakan.

1. Kemenag membentuk tim Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (P3JH).

Tim P3JH merupakan tim yang bartu pertama kali dibentuk untuk penyelenggaraan haji tahun 2019. Tim ini terdiri dari para petugas yang memiliki keualifikasi medis baik dari rumah sakit haji maupun para ahli medis dari Kedokteran Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan juga tenaga medis dari rumah sakit TNI dan Polri.

Fokus dari tim ini adalah untuk mendukung layanan kesehatan bagi jamaah Indonesia selama ibadah haji berlangsung. Harapannya adalah agar setiap kebutuhan medis dapat tertangani dengan segera, terutama pada tahap ibadah lempar jumrah yang kerap kali sangat padat dan beresiko.

2. Disediakan konsultan bimbingan ibadah haji di setiap sektor.

Tim konsultan ini merupakan layanan tambahan yang diberikan oleh Kemenag RI untuk memberi kenyamanan ibadah bagi para jamaah. Para konsultan nantinya akan bersinergi dengan tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) yang bersiap di setiap kloter keberangkatan jamaah.

3. Akomodasi disediakan untuk satu musim penuh.

Selama ini akomodasi untuk jamaah Indonesia masih harus berbagi dengan jamaah dari negara lain. Untuk musim 2019 Kemenag telah melakukan sewa akomodasi secara penuh tanpa harus berbagi dengan jamaah negara lain.

Sebanyak 52,02 persen jamaah nantinya akan ditempatkan pada 32 hotel yang disewa satu musim penuh. Dengan sistem ini nantinya pemindahan jamaah dari Madinah ke Mekah atau sebaliknya bisa lebih nyaman.

4. Identifikasi identitas jamaah secara digital

Kemenag akan menggunakan sistem QR Code pada gelang jamaah. Gelang bersistem QR Code akan berisi data identitas yang dapa diakses melalui aplikasi Haji Pintar. Sistem ini akan memudahkan petugas haji dalam mengidentifikasi dan membantu jamaah yang membutuhkan pertolongan selama menjalani ibadah haji.

5. Rekam biometrik jamaah bisa dilakukan di semua embarkasi haji di Indonesia

Rekam biometriks jamaah akhirnya bisa dilakukan di Indonesia. Setelah beberapa tahun para jamaah harus merekam identitasnya di gerbang imigrasi Arab Saudi, kini para jamaah hanya perlu merekam biometriknya di Indonesia.

Jamaah yang tiba di Bandara Madinah atau Jeddah hanya perlu melakukan proses verifikasi akhir berupa perekaman satu sidik jari dan stempel paspor kedatangan di imigrasi. Bahkan khusus embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS) dan Surabaya (SUB) seluruh proses imigrasi baik rekam biometrik maupun verifikasi akhir sudah bisa dilaksanakan di INdonesia.

Proses rekam yang dilakukan di Indonesia akan memberikan kenyamanan bagi jamaah, sebab jamaah tidak lagi perlu menunggu lama ketika pemeriksaan imigrasi baik di Bandara Madinah ataupun bandara Jeddah.

6. Mendatangkan Bumbu Masak dan Juru Masak dari Indonesia

Peraturan kementerian agama mememinta untuk seluruh perusahaan katering menggunakan bumbu asli Indonesia. Selain untuk menjaga cita rasa kuliner khas Indonesia, upaya ini juga akan meningkatkan ekspor bumbu masak Indonesia ke Arab Saudi. Ini adalah kabar baik bagi jamaah yang sangat bergantung dengan masakan khas Indonesia.

7. Penambahan Layanan Katering

Katering pada tahun 2019 ini akan berjumlah 40 kali katering yang akan berlangsung selama musim haji berlangsung. Selain itu akan ada pula penyediaan makanan dan minuman ringan seperti teh, gula, kopi, dan roti lengkap dengan saos sambal ataupun kecap.

8. Cetak Visa dilakukan oleh Kemenag

Percetakan visa tahun ini menjadi lebih cepat karena dapat dilakukan oleh Kemenag. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang harus menunggu visa dari Kedutaan Arab Saudi sehingga sering menghambat proses administrasi.

9. Penandaan khusus untuk paspor dan koper

Untuk jamaah haji tahun ini akan diberikan penandaan warna khusus untuk paspor dan koper sehingga setiap rombongan kloter akan mudah diidentifikasi. Tanda warna juga akan menunjukkan sektor, wilayah hotel dan nomor hotel tempat tinggal jamaah. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan para jamaah untuk mengenali barang maupun tempat tinggalnya masing-masing selama menjadi jamaah haji.

10. Pengalihan Porsi bagi jamaah wafat pada ahli waris

Pengalihan porsi haji pada ahli waris merupakan kebijakan yang telah ditunggu-tunggu. Regulasi baru ini memperbolehkan ahli waris untuk menggantikan jamaah haji yang wafat dengan syarat jamaah tersebut wafat setelah ditetapkan sebagai jamaah yang berhak dan telah melunasi keberangkatan di tahun berjalan.

Untuk jamaah tahun 2019, jamaah yang dapat dialihkan pada ahli waris adalah jamaah yang wafat setelah ditetapkan untuk berangkat setelah diumumkan 16 Maret 2018 yang lalu

Persiapan-persiapan yang telah ditetapkan oleh Kemenag ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan. Sebagaimana disampaikan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin yang berharap agar persiapan ini bisa membuat para jamaah beribadah dengan tenang, mendapat kemabruran ibadah, serta kembali ke Tanah Air dengan kondisi yang sehat.

Bagaimana para jamaah haji 2019? Sudah siap untuk berangkat haji?

Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan Happy Prima Wisata jika memiliki pertanyaan seputar pendaftaran haji ataupun persiapan-persiapan menjelang haji. Hubungi kami di whatsapp 085646894818 (Evi)

Happy Prima Wisata Jakarta

Gedung Twink Lt. 5
Jalan Kapten Tendean No. 82 Mampang
Kota Jakarta Selatan
+6281806920294
Happy Prima Wisata Malang

D'panorama Square C-1 Jalan Jendral Ahmad Yani Utara No.1, Purwodadi, Kec. Blimbing, Kota Malang
+6285646894818
Happy Prima Wisata Surabaya

Jalan Ngagel Wasana I No. 38, Barata Jaya, Kec. Gubeng.
Kota Surabaya
+6282225253427

Simak juga update HPW Travel Umroh & Haji
di sosial media

Copyright © Happy Prima Wisata
Designed by TEKNOIA Creative
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram